Djoko Rifanto : Pemda Pasaman Targetkan Raih Penghargaan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kualitas Tinggi Tahun 2023

- Redaksi

Senin, 27 Februari 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Asisten Administrasi Umum Djoko Rifanto, S. Sos.M.Si sedang berikan arahan pada apel pagi di halaman Kantor Bupati Pasaman (Dok foto Anafiah/RB)

Asisten Administrasi Umum Djoko Rifanto, S. Sos.M.Si sedang berikan arahan pada apel pagi di halaman Kantor Bupati Pasaman (Dok foto Anafiah/RB)

PASAMAN, RadarBangsa.co.id Dalam rangka pelaksanaan amanat Undang Undang nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Pemerintah Kabupaten Pasaman telah mendapatkan penghargaan berupa sertifikat Penyelenggaraan Pelayanan Publik Kualitas Tinggi pada tahun 2022 dari Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat di Padang, hal tersebut disampaikan Djoko Rifanto,Sos,M.Si Asisten Administrasi Umum Sekretarait Daerah Kabupaten Pasaman saat memberikan pengarahan pada acara apel gabungan di halaman kantor Bupati Pasaman, Senin (27/02/2023).

“Saya berharap untuk penilaian tahun 2023 tentang Kepatuhan Standar Pelayanan Publik, Pemerintah Kabupaten Pasaman akan mempertahankan dan bahkan akan meningkatkan untuk mencapai nilai A dalam kompetisi untuk tingkat provinsi Sumatera Barat pada tahun ini”. tutur Djoko.

Kepada peserta apel gabungan, Djoko Rifanto memaparkan bahwa untuk penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Publik tahun 2023, ada beberapa indikator penilaian, antara lain :

Peran MasyarakatDiharapkan masyarakat dapat berperan aktif dalam mendukung penyelenggaran pelayanan publik pada Badan Publik yang ada di Kabupaten Pasaman dengan cara mengetahui bentuk pelayanan, waktu pelayanan, dan persyaratan pelayanan dari Badan Publik.

Baca Juga  Profesionalitas KPPS Desa Jayapura Cianjur dalam Bimtek Pemilu 2024

Regulasi
Satuan Kerja Perangkat Daerah dan Unit Pelaksana Teknis, agar membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) tentang pelayanan publik, dimana SOP tersebut akan memangkas birokrasi, memangkas waktu, memangkas jarak, biaya rendah, dan dapat dikases oleh semua orang. Sehingga dalam proses pelayanan kepada masyarakat tidak berbelit belit dan dan tidak butuh waktu lama.

Kompetensi SDM Pelayanan

Disamping memberikan pelayanan yang ramah, personil yang ditempatkan pada pusat pelayanan juga harus menguasai jenis pelayanan dan mempunyai SDM yang memadai, sehingga dalam proses pelayanan tidak terjadi mis komunikasi dengan masyarakat, dan pada akhirnya tercipta pelayanan yang berkualitas dan prima.

Sarana Prasarana

Untuk memberikan rasa nyaman kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan publik, diharapkan Badan publik untuk dapat memberikan faskilitas dasar kepada masyrakat berupa adanya front office, toilet, ruang bermain anak, ruang ibu menyusui, ruangan shalat, dan tempat duduk, serta fasilitas untuk penyandang disabilitas

Baca Juga  Gus Lukman Tremas Pacitan : Mari Selalu Bijak dan Mbois

Informasi

Diharapkan OPD, Pemerintahan Kecamatan, Pemerintahan Nagari, dan pusat pelayanan masyarakat untuk meng-upload pada masing masing website data perencanaan pembangunan seperti Renstra, Renja, Data program dan kegiatan, data evaluasi, regulasi, kebijakan, dan SOP. Sehingga masyarakat dapat mengakses dan tidak salah dalam mendatangi Badan publik tersebut untuk mendapatkan pelayanan publik.

Untuk Website pasamankab.go.id, diminta kepada Dinas Kominfo dan OPD lainya untuk mengupload kegiatan Pembangunan Kepala Daerah, kegiatan pembangunan OPD, regulasi dan kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman.

Pengawasan Pengaduan Pelayanan Publik

Untuk memantau pelaksanaan kepatuhan standar pelayanan publik, pemerintah Kabupaten Pasaman telah memiliki aplikasi pasaman.lapor.go.id, pada aplikasi ini masyarakat dapat memberikan pengaduan, laporan, dan aspirasi terkait dengan pelayanan publik yang diterimanya dari Badan Publik.

Baca Juga  Bupati Anna Datangi Kemenpan RB Usulkan 3.942 Formasi PPPK

Dan diminta kepada OPD terkait untuk dapat menjawab dan mencarikan solusi terhadap pengaduan, laporan, dan aspirasi masyarakat terhadap pelayanan publik yang diterima masyarakat. Aplikasi ini juga terhubung dengan Bupati Pasaman, Ombudsman RI Perwakilan Sumbar, Ombudsman RI Pusat, Kementerian Dalam Negeri, dan staf kepresidenan.

Inovasi
OPD untuk dapat membuat inovasi, baik secara digital ataupun manual dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat dengan cepat, tepat, biaya rendah, dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat.

Dakhir arahan Nya, Djoko Rifanto meminta kepada OPD, khusus OPD yang memberikan pelayanan publik untuk dapat memperhatikan beberapa indikator penilaian dalam kompetisi Kepatuhan dalam standar pelayanan publik untuk tahun 2023, semoga Kabupaten Pasaman kembali meraih penghargaan Kepatuhan standar pelayanan publik yang diselenggarakan oleh Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat.

Berita Terkait

DPU CKPP Banyuwangi : Targetkan Rampung Tahun ini Pembangunan Jembatan Karangdoro Terus Dikebut
Calon Bupati Sidoarjo H Subandi Hadiri Doa Bersama di Desa Plumbungan
Pj Gubernur Jatim Adhy Salurkan Bantuan Air Bersih untuk Warga Blitar Terdampak Kemarau
Pj Gubernur Adhy Salurkan Bansos dan Alat Bantu Disabilitas di Blitar
Jelang Hari Jadi ke-79 Jawa Timur, Pj Gubernur Adhy Karyono Pimpin Ziarah di Makam Bung Karno
Geber Sidoarjo, 15 Ribu ASN Serentak Kerja Bakti Bersihkan Kota
Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono Buka Orientasi PPPK Angkatan 101-110
Cabup Nomor 1 Subandi, Merajut Silaturahmi dengan Kiai-Kiai Kampung di Sidoarjo

Berita Terkait

Sabtu, 5 Oktober 2024 - 08:10 WIB

Calon Bupati Sidoarjo H Subandi Hadiri Doa Bersama di Desa Plumbungan

Jumat, 4 Oktober 2024 - 16:04 WIB

Pj Gubernur Jatim Adhy Salurkan Bantuan Air Bersih untuk Warga Blitar Terdampak Kemarau

Jumat, 4 Oktober 2024 - 15:13 WIB

Pj Gubernur Adhy Salurkan Bansos dan Alat Bantu Disabilitas di Blitar

Jumat, 4 Oktober 2024 - 13:55 WIB

Jelang Hari Jadi ke-79 Jawa Timur, Pj Gubernur Adhy Karyono Pimpin Ziarah di Makam Bung Karno

Jumat, 4 Oktober 2024 - 12:47 WIB

Geber Sidoarjo, 15 Ribu ASN Serentak Kerja Bakti Bersihkan Kota

Berita Terbaru

Kepala BRI Unit Pucuk, Mochamad Afnan Zainuri, saat menyerahkan bantuan program Klasterkuhidupku

Ekonomi

BRI Dorong UMKM Lamongan Maju Lewat Klasterkuhidupku

Sabtu, 5 Okt 2024 - 10:51 WIB