KADIS Pengairan Bersama KORSDA Bersihkan Sampah Plastik di Aliran Sungai

BANYUWANGI, RadarBangsa.co.id – Dalam memasuki musim kemarau, untuk menghindari banjir dikala musim hujan datang, Dinas PU Pengairan Banyuwangi menggelar kerja bakti untuk membersihkan sampah plastik di aliran sungai. Seluruh koordinator sumber daya air dikerahkan mulai dari hulu hingga hilir guna mensterilkan sungai dari limbah plastik.

Kepala Dinas PU Pengairan Banyuwangi, Ir Guntur Priambodo menjelaskan, kegiatan ini sengaja digelar guna mensukseskan program Merdeka dari Sampah Plastik ,seperti yang sedang digalakkkan Bupati Banyuwangi.

Bacaan Lainnya

“MK II merupakan saat yang tepat untuk melakukan pembersihan sungai, baik dari sampah plastik maupun endapan sendimen lumpur,” katanya, Selasa (26/11/2019) lalu.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini , Guntur mengerahkan seluruh Koordinator Sumber Daya Air (Korsda), serta dibantu oleh masyarakat, khususnya kalangan petani pemakai air. Guna membersihkan serta menetralisasikan aliran sungai.

“Dan, Alhamdulillah dukungan masyarakat sangat luar biasa,” cetus Guntur dengan tersenyum.

Guntur menambahkan, sebagai langkah kesinambungan, Dinas PU Pengairan Banyuwangi, juga membuat MoU dengan seluruh staf dan karyawan agar mengurangi sampah terutama sampah plastik.

“Seluruh staf dan karyawan Dinas PU Pengairan, termasuk Korsda sudah mendatangi kesepakatan mengurangi sampah, terutama sampah plastik,” ungkapnya.

Sementara untuk edukasi masyarakat disekitar aliran sungai, Guntur memaparkan pihaknya telah memasang papan imbauan disepanjang aliran sungai.

Selain melakukan bersih-bersih aliran sungai dari sampah plastik, sasaran kedua adalah melakukan normalisasi aliran sungai dari endapan sedimen lumpur diseluruh aliran sungai yang dangkal.(Hr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *