Luruskan Barisan, 27 PAC IKA PMII se-Lamongan Dikukuhkan, Dorong Cak Thoriq Maju Cagub Jatim

LAMONGAN, RadarBangsa.co.id – Sebanyak 27 jajaran PAC IKA PMII se-Kabupaten Lamongan resmi dikukuhkan, pada Jumat (8/9/2023), di Kemantren Sport Center, Kecamatan Paciran. Pengukuhan ini dipimpin langsung oleh Ketua Umum PW IKA PMII Jawa Timur, Thoriqul Haq.

Pengukuhan pengurus yang dikemas dalam acara Temu Kader Pergerakan bertajuk “Luruskan Barisan, Sempurnakan Gerakan” ini dipadati oleh ratusan kader yang berasal dari penjuru Lamongan.

Bacaan Lainnya

Menurut Thoriq, pembentukan pengurus IKA PMII di tingkat kecamatan ini merupakan tindak lanjut dari perintah AD/ART organisasi. Sehingga melalui PAC IKA PMII, dia menyebut, para alumni bisa seluruhnya terakomodir dan terkonsolidasi secara maksimal.

“Ada perbedaan mekanisme keorganisasian antara pengurus aktif dengan alumni. Kita yang alumni ini fokusnya pada kewilayahan. Nah, karena saat ini PC sudah ada SK dan programnya sudah jalan, maka saat ini dibentuklah jajaran PAC IKA PMII di tingkat kecamatan,” kata Cak Thoriq, sapaan akrab Thoriqul Haq.

Dengan terbentuknya PAC IKA PMII di seluruh kecamatan, Thoriq juga menegaskan, seluruh alumni PMII di Jawa Timur bisa terdata dan tergabung dengan baik.

Secara etika keorganisasian, PMII ini mengakomodir anggota yang bisa diakses. Dengan etika antar alumni itulah, kami yang ada di Jawa Timur terus bergerak guna memastikan semua alumni terdata dan terhubung,” ungkap Thoriq.

“Ada banyak perguruan tinggi. Meski para alumni mengikuti proses di manapun, namun saat ini ketemunya ya di daerah asalnya. Kami berharap, seluruh alumni PMII ini bisa memaksimalkan potensi masing-masing,” imbuh pria yang juga menjabat sebagai Bupati Lumajang tersebut.

Tak hanya itu, Thoriq juga menjelaskan, salah satu kewajiban PC IKA PMII adalah mengkonsolidasi distribusi para alumni sesuai dengan kapasitas dan potensinya masing-masing.

“IKA adalah sebagai keluarga. Kalau satu punya keinginan dan kepentingan yang tidak mengganggu yang lain, ayo. Yang tidak boleh, faksunnya saling mengganggu, menghambat, menjatuhkan, saling mendiskreditkan dan saling menafikan, itu tidak boleh. Sesama sahabat PMII, harus saling membantu,” paparnya.

Sementara itu, Ketua PC IKA PMII Lamongan, Miftah Alamuddin menyampaikan bahwa pengukuhan PAC IKA PMII se-Lamongan ini menjadi energi baru untuk terus menebar kemanfaatan.

“Kami dari PC IKAPMII telah menjalankan AD/ART dengan menyelesaikan pembentukan PAC di 27 kecamatan se-Lamongan. Satu hal yang terasa, banyak kader atau alumni PMII yang dulu belum tahu ternyata kini bisa terhubung kembali. Ada manfaat dan energi baru untuk bergerak bersama,” kata Miftach.

Miftah menuturkan, potensi SDM yang dimiliki oleh PMII begitu luarbiasa. Dia juga menyebut, banyak alumni PMII di Lamongan yang telah mengisi berbagai bidang.

“Banyak alumni yang aktif di dunia politik, pendidikan, perguruan tinggi hingga pelopor di wilayahnya masing-masing. Beberapa alumni PMII juga ada yang menghibahkan dirinya untuk mencalonkan diri sebagai wakil rakyat dari lintas Parpol. Lamongan potensi SDM-nya memang luarbiasa,” tandasnya.

Lebih lanjut, Miftah mengaku, banyak alumni di IKA PMII Lamongan yang ingin mendorong Ketua PW IKA PMII Jawa Timur, Thoriqul Haq, maju sebagai Calon Gubernur Jawa Timur. Menurutnya, sosok Cak Thoriq dinilai mampu membawa Jawa Timur ke arah yang lebih baik.

“Cak Thoriq yang memiliki kemampuan kepemimpin sangat baik. Beliau adalah salah satu kader terbaik yang dimiliki oleh PMII saat ini. “Sehingga IKA PMII Lamongan mendorong Cak Thoriq maju sebagai Cagub Jatim di Pilkada 2024 mendatang,” pungkasnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *