Jumsih Cianjur, Gotong Royong Jaga Kebersihan dan Solidaritas Masyarakat

Jumsih
Perangkat Kelurahan Pamoyanan, Cianjur jumsih bersih-bersih lingkungan dan TPU Pasarean. (Foto: Mamat Mulyadi/Radar Bangsa)

CIANJUR, RadarBangsa.co.id- Program Jumat Bersih (Jumsih) yang dicanangkan oleh Pemerintah Daerah (Pemkab) Cianjur, Jawa Barat, terus dikembangkan dari tingkat kecamatan, kelurahan/desa hingga RT/RW sebagai bagian penting dari budaya masyarakat.

Seperti yang terlihat di Kelurahan Pamoyanan, Kecamatan Cianjur, masyarakat bersama aparatur kelurahan, RTRW, dan warga sekitar bergotong royong dalam kegiatan Jumsih pada Jumat (5/7/2024) kemarin.

Bacaan Lainnya

Lurah Pamoyanan, Tendi Rustandi, menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan setiap Jumat mulai pukul 06.30 hingga 08.30 WIB. Di Cianjur, gotong royong sering dilakukan untuk membantu tetangga dalam berbagai kegiatan seperti membersihkan lingkungan, merenovasi rumah, atau mempersiapkan acara sosial lainnya.

“Ini mencerminkan nilai solidaritas dan kebersamaan yang kuat di kalangan masyarakat Cianjur,” jelasnya.

Tendi juga menyebutkan bahwa tradisi ini menjadi cara bagi masyarakat untuk saling mendukung dan memperkuat hubungan sosial antara warga dan pemerintah.

Selain Jumsih, Pemkab Cianjur juga memiliki agenda rutin lainnya, yaitu peringatan Hari Jadi Cianjur (HJC) yang ke-347 pada 12 Juli 2024.

“Pak Bupati akan datang ke sini untuk ziarah kubur ke TPU Pasarean, tempat makam mantan Bupati Cianjur yang pertama, pada Rabu 10 Juli,” tambah Lurah Pamoyanan.

Tendi mengimbau seluruh RT/RW untuk mengajak warganya tetap menjaga kebersihan lingkungan masing-masing, terutama wilayah RW sekitar TPU Pasarean Agung, yaitu RW 10, 11, dan 12.

“Pada Senin 8 Juli 2024, akan dilaksanakan gladi resik,” katanya.

Lurah Pamoyanan juga mengucapkan terima kasih kepada perangkat kelurahan, RT/RW yang telah berpartisipasi dan meluangkan waktu untuk hadir dalam kegiatan Jumsih.

“Semoga kegiatan ziarah kubur nanti yang akan dilaksanakan oleh Bupati Cianjur berjalan sukses dan lancar,” harapnya.

Kegiatan Jumat Bersih (Jumsih) tersebut diikuti oleh aparatur kelurahan mulai dari Camat Cianjur, Lurah Pamoyanan, Sekretaris Kelurahan (Seklur), binmas (TNI), bhabinkamtibmas (Polri), RTRW, dan masyarakat di sekitar RT/RW masing-masing.

“Jumsih ini adalah program dari Pak Bupati Cianjur,” tutup Lurah Pamoyanan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *