Kuliah di Akademi Komunitas Industri Pertambangan Bukit Asam, Gratis Sampai Lulus

akademik

MUARA ENIM, RadarBangsa.co.id –¬†AKIPBA mengumumkan pembukaan pendaftaran untuk mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025. Pendaftaran dibuka mulai 10 Juni hingga 24 Juni 2024, dan ditujukan bagi lulusan SMA/MA/SMK tahun 2022-2024 yang berasal dari keluarga prasejahtera di wilayah sekitar perusahaan.

Sebagai bagian dari Yayasan Keluarga Besar Bukit Asam (Yakasaba), AKIPBA menyediakan beasiswa penuh bagi peserta yang lulus seleksi.

Bacaan Lainnya

AKIPBA didirikan oleh PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Inalum (Persero), PT Timah Tbk (TINS), dan PT Antam Tbk (ANTM) yang tergabung dalam Grup MIND ID. Akademi ini merupakan wujud komitmen perusahaan untuk memenuhi kebutuhan industri pertambangan dengan sumber daya manusia yang kompeten.

AKIPBA menawarkan tiga program studi (Diploma 1), yaitu Teknik Pengoperasian Alat Tambang, Teknik Perawatan Alat Tambang, dan Teknik Pengolahan Hasil Tambang Mineral dan Batu Bara.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui akipba.ac.id/pmb-akipba/. Informasi lebih lanjut dapat diperoleh dengan menghubungi 0821-7850-2739 atau melalui email pmb@akipba.ac.id.

### Kisah Faidhal Ramadhan, Lulusan AKIPBA Tahun 2021

Faidhal Ramadhan, lulusan AKIPBA tahun 2021 dari program studi Teknik Pengolahan Hasil Tambang Mineral dan Batu Bara, berbagi pengalamannya. Beasiswa penuh dari AKIPBA membuka jalan bagi anak-anak dari keluarga prasejahtera di sekitar wilayah operasi perusahaan untuk mendapatkan pendidikan tinggi.

“AKIPBA memberikan beasiswa penuh. Ayah saya bekerja sebagai buruh harian, sementara ibu saya adalah ibu rumah tangga,” kata Faidhal.

Selama studinya, Faidhal merasa pendidikan yang diterimanya sangat relevan dengan industri pertambangan. Selain teori, AKIPBA juga menyediakan pengalaman praktik langsung di lapangan yang dipandu oleh praktisi berkompeten.

Di program studi Teknik Pengolahan Hasil Tambang Mineral dan Batu Bara, Faidhal belajar mengenal berbagai alat tambang, melakukan praktik pengangkutan batu bara, dan mengujinya di laboratorium.

Setelah lulus, Faidhal berhasil diterima dalam Rekrutmen PT Bukit Asam Tbk 2021 dan bekerja di bagian penanganan dan angkutan batu bara. “Pengalaman belajar di AKIPBA mempersiapkan kami untuk terjun langsung ke lapangan. Saya sekarang bekerja di tempat di mana dulu saya melakukan praktik, jadi saya tinggal melanjutkan saja,” ujarnya.

Pria 24 tahun asal Tanjung Enim ini juga menekankan bahwa AKIPBA membentuk lulusannya menjadi pribadi yang disiplin dan berkarakter. “Kami tinggal di asrama selama belajar di AKIPBA, yang membentuk kebiasaan disiplin seperti bangun pagi, datang tepat waktu, dan mengerjakan tugas sesuai jadwal. Kebiasaan ini terus terbawa ke pekerjaan sekarang,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *