Polres Bitung Bersama TNI dan Pemkot Sukses Kawal Reuni Parade Tauhid 2019

  • Whatsapp

BITUNG, RadarBangsa.co.id – Meskipun beberapa kali mendapat penolakan keras dari berbagai elemen organisasi masyarakat,” namun kegiatan reuni parade tauhid 2019 yang di kordinir langsung oleh Barisan Solidaritas Muslim (BSM) kota bitung akhirnya terlaksana dengan tertip. Reuni Parade Tauhid 2019 untuk pertama kalinya dilaksanakan di Kota bitung tersebut mengambil tema “Bangkit Bersama Menjaga Kedaulatan NKRI”.

Disisi lain pihak kepolisian Polres Bitung selaku pemberi ijin, di hari yang sama, pada pukul 10.00 Wita bertempat di depan mako polsek maesa melakukan apel bersama yang dipimpin langsung oleh kapolres Bitung AKBP Stefanus Michael Tamuntuan, SIK. M.Si. dalam kesiapan pengawalan peserta reuni tauhid tersebut. Kapolres Bitung AKBP Stefanus Michael Tamuntuan, SIK. M.Si. juga meminta kepada seluruh aparat yang bertugas untuk melaksanakan tugas berdasarkan Undang -Undang yang merupakan representasi dari negara.

Bacaan Lainnya

Setelah Apel ini, kapolres meminta kepada petugas untuk segera menempati beat – beat yang sudah di tentukan. Marilah kita laksanakan tugas pengamanan ini dengan penuh rasa tanggung jawab,” tukas mantan kasat reskrim polres Jakarta selatan tersebut.

Selanjutnya peserta reuni parade tauhid dilepas di depan gedung SMP Muhammdiyah yang berada dikelurahan Bitung barat satu, kecamatan maesa kota Bitung, dibawah penanggung jawab langsung organisasi barisan solidaritas muslim (BSM) kota bitung yang diawali dengan doa yang dipimpin oleh  UISTAD Sutarman Mahmud selaku dewan penasehat BSM kota Bitung.

Dalam sambutanya kapolres  AKBP Stefanus Michael Tamuntuan, SIK. M.Si. menghimbau kepada para peserta reuni tauhid untuk tidak melanggar apa yang sudah menjadi ketentuan waktu dan tempat termasuk penggunaan atribut yang dilarang menurut hukum dan kaidah agama. Peserta reuni juga diminta untuk tidak menggunakan kendaraan roda dua.

Dalam parade reuni tauhid yang diikuti oleh 400 peserta tersebut diantaranya yaitu Rohis SMKN 2 bitung, KKI Al Rayan sagerat induk, SMP Al’Khairat bitung, Muslimah cinta qur’an, MT Al-Ikhlas kusu -kusu, BMKT kota bitung, MTI bitung, MT.Al -Amin sarkel, Darul Ulum KKI, MT masjid Agung Nurul Huda, serta rumah Tahfir Darul Ulum. Selanjutnya seluruh berjalan kaki dengan mengambil rute yang sudah ditentukan oleh panitia yaitu, start awal didepan gedung SMP muhammadyah bitung Jln. A.A. Maramis simpang empat klenteng bitung Jln. A.A. Maramis simpang empat inkuasko. Selanjutnya seluruh peserta reuni tauhid berlanjut melalui Jln. raya depan kantor DPRD kota bitung dan mengarah ke simpang empat pemkot bitung Jln. Sam Ratulangi selanjutnya menuju depan Polsek KPS, dan Finish pas depan masjid Riibathul Qulub.

Selanjutnya seluruh peserta melaksanakan sholat Azar berjamaah di masjid Riibathul Quluub. Dan selanjutnya acara parade reuni tauhid 2019 berakhir dengan kondusif dan terkendali,” selanjutnya seluruh peserta reuni tauhid membubarkan diri kembali ke rumah masing-masing dengan menggunakan kendaraan dinas satpol PP pemkot bitung dengan dibantu juga kendaraan dari polres Bitung dengan pengawalan dari sat lantas polres bitung. Dalam kegiatan tersebut,” para peserta reuni parade tauhid hanya membawa alat peraga berupa bendera merah putih dan panji yang bertuliskan kalimat Tauhid.

Selain kapolres Bitung AKBP Stefanus Michael Tamuntuan, SIK. M.Si. dan waka polres kompol Marganda Aritonang, SIK, SH, MM, serta kasat intelkam AKP Jocke Jerry Meteng, SE, AKP Taufiq Arifin,S.Hut, SIK, kasat bimas AKP Inge Marijo, SH, kasat sabhara IPTU Ever Kawatu, Hadir pula dalam acara tesebut jajaran dari pemkot bitung diantaranya,” kaban kesbangpol Herry Benyamin, SH, kasat pol PP Adri Supit, kadis perhubungan Viky Sangkaeng, ketua panitia parade tauhid Zulnandar Muftir, ketua BSM kota bitung Sapiin Palakua, humas BSM kota bitung Rio Turipno, penasehat BSM kota bitung Hi. Rinto Pakaya dan para peserta kegiatan parade tauhid yang hadir kurang lebih 400 orang.

Kepada awak media yang hadir kapolres Bitung AKBP Stefanus Michael Tamuntuan, SIK.MSi mengatakan, sukses pihaknya mengawal reuni parade tauhid 2019 ini, bukan hanya karena kemampuan pihaknya saja. Selain solidnya kinerja dari anggota kepolisian,” ini juga karena adanya kerjasama yang baik dengan rekan-rekan TNI serta Pemkot dan jajaran terkait di Kota bitung,” sehingga acara tersebut sukses tururnya.

Sukses ini juga saya sebut sebagai sukses kita semua dalam mempraktekan toleransi antar umat beragama. Budaya seperti inilah yang sulit kita temukan di daerah luar dari provinsi sulawesi utara. Kepada semua eleman dan pihak terkait, sekali lagi kami sampaikan terima kasih karena sudah mendukung berlangsungnya reuni parade tauhid 2019 dari awal sampai selesai,” pungkas kaplores bitung yang dikenal santun namun tegas.(KF)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *