Tingkatkan Kapasitas Pengelolaan SP4N LAPOR! 2023, Pemkab Sumenep Gelar Bimtek Bersama USAID ERAT

- Redaksi

Jumat, 7 April 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Diskominfo gelar Bimtek bersama USAID ERAT selama dua hari dari 05-06 April 2023 yang ditempatkan di De Baghraf Hotel Rabu (05/04/2023). (Dok foto Kmf/ Surah)

Diskominfo gelar Bimtek bersama USAID ERAT selama dua hari dari 05-06 April 2023 yang ditempatkan di De Baghraf Hotel Rabu (05/04/2023). (Dok foto Kmf/ Surah)

SUMENEP, RadarBangsa.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bersama USAID ERAT selama dua hari dari 05-06 April 2023 yang ditempatkan di De Baghraf Hotel Rabu (05/04/2023).

Acara tersebut digelar dalam rangka Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) Pemerintah Kabupaten Sumenep 2023.

Dengan diikuti oleh 50 operator layanan pengaduan di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumenep Edy Rasiyadi, pada Pembukaan Bimtek menyampaikan, secara teknis sistem tersebut memakai sistem pengelolaan pengaduan publik nasional menggunakan aplikasi LAPOR! atau SP4N LAPOR!.

Sistem pengadaan tersebut dibentuk oleh Pemerintah Indonesia sebagai salah satu wujud komitmen dalam mendukung prinsip pemerintahan terbuka serta meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Baca Juga  Wakil Ketua DPRD Sumenep Menghimbau Soal Degradasi Moral Menjadi Tugas dan Tanggung Jawab Bersama

Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik yang mewajibkan penyelenggara negara, untuk menyelenggarakan pelayanan publik sesuai dengan tujuan pemerintahan yang salah satunya meliputi pengelolaan pengaduan masyarakat, Terang Sekda.

“Sistem pengelolaan publik dilakukan berdasarkan prinsip No Wrong Door Policy ini menerima pengaduan dari manapun dan jenis apapun, serta menjamin bahwa pengaduan akan disalurkan kepada penyelenggara pelayanan publik yang berwenang,” jelasnya, Rabu (05/04/2023).

Dikatakan oleh Sekda, berdasarkan data statistik Kabupaten Sumenep, yakni pada 2020 berjumlah 42 pengaduan. Sedangkan 2021 berjumlah 12 pengaduan, 2022 sebanyak 31 pengaduan dan 2023 sampai dengan April berjumlah 43 laporan pengaduan.

Dan topik terbanyak pengaduan di Kabupaten Sumenep terkait dengan bantuan sosial, infrastruktur jalan dan kepariwisataan, Sambung Sekda.

Sedangkan saluran pengaduan menurut Sekdakab Sumenep ini, disampaikan melalui e-mail gadget serta aplikasi internet lainnya. Karenanya peserta diharapkan benar-benar mengikuti kegiatan dengan baik agar pengelolaan SP4N LAPOR! dapat berjalan sesuai dengan SOP yang sudah ditetapkan.

Baca Juga  Persiapan Pelantikan, H Moh Syarifudin ST Nakhoda Ketua KADIN Sampang 2019 - 2025

“Pengaduan pelayanan publik diharapkan dapat segera ditindaklanjuti secara proporsional, serta sesuai dengan skala prioritas yang sudah ditetapkan, agar dapat meningkatkan pelayanan publik di Kabupaten Sumenep,” tandasnya.

Sementara Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang diwakili Kepala Bidang Fasilitasi Pengaduan dan Pengelolaan Informasi Puspen Kemendagri, Rega Tadeak Hakim, saat memberikan materi pada pembukaan Bimtek hari pertama yang bertindak selaku keynote speaker secara daring, memaparkan terkait amanat dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah tertulis bahwa Pemda wajib membangun manajemen pelayanan publik termasuk manajemen pengelolaan pengaduan.

Baca Juga  Listrik PLN Pulau Sapudi Padam, Aktivitas Layanan Publik Terhambat

Karena, dengan layanan pengaduan akan mewujudkan reformasi birokrasi dalam pemerintahan yang nantinya juga melahirkan pemerintahan good governance.

“Terkait bagaimana kriteria pengelolaan layanan pengaduan yang baik ialah pengaduan dengan ketepatan waktu, fasilitasi, perbaikan, dan kredibilitas,” terang Rega.

Dikatakan, sebagai pengelola layanan pengaduan yang baik itu harus melakukan penanganan tepat waktu, terdapat tindakan fasilitasi, dan kredibilitas. Sebab, kualitas layanan pengaduan yang baik juga akan berdampak pada nilai zona integritas daerah, karena berfungsi sebagai indikator penilaian reformasi birokrasi dan zona integritas.

Diakui, upaya mendukung layanan pengaduan di Kabupaten Sumenep juga didukung dengan layanan pengaduan masyarakat secara online yang dimiliki oleh daerah.

“Hal itu selaras dengan program prioritas Kabupaten Sumenep, yakni menghadirkan tata kelola pemerintahan yang dinamis, demokratis, dan bebas korupsi serta pelayanan publik yang berkualitas,” tandasnya.

Berita Terkait

DPU CKPP Banyuwangi : Targetkan Rampung Tahun ini Pembangunan Jembatan Karangdoro Terus Dikebut
Calon Bupati Sidoarjo H Subandi Hadiri Doa Bersama di Desa Plumbungan
Pj Gubernur Jatim Adhy Salurkan Bantuan Air Bersih untuk Warga Blitar Terdampak Kemarau
Pj Gubernur Adhy Salurkan Bansos dan Alat Bantu Disabilitas di Blitar
Jelang Hari Jadi ke-79 Jawa Timur, Pj Gubernur Adhy Karyono Pimpin Ziarah di Makam Bung Karno
Geber Sidoarjo, 15 Ribu ASN Serentak Kerja Bakti Bersihkan Kota
Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono Buka Orientasi PPPK Angkatan 101-110
Cabup Nomor 1 Subandi, Merajut Silaturahmi dengan Kiai-Kiai Kampung di Sidoarjo
Tag :

Berita Terkait

Sabtu, 5 Oktober 2024 - 08:10 WIB

Calon Bupati Sidoarjo H Subandi Hadiri Doa Bersama di Desa Plumbungan

Jumat, 4 Oktober 2024 - 16:04 WIB

Pj Gubernur Jatim Adhy Salurkan Bantuan Air Bersih untuk Warga Blitar Terdampak Kemarau

Jumat, 4 Oktober 2024 - 15:13 WIB

Pj Gubernur Adhy Salurkan Bansos dan Alat Bantu Disabilitas di Blitar

Jumat, 4 Oktober 2024 - 13:55 WIB

Jelang Hari Jadi ke-79 Jawa Timur, Pj Gubernur Adhy Karyono Pimpin Ziarah di Makam Bung Karno

Jumat, 4 Oktober 2024 - 12:47 WIB

Geber Sidoarjo, 15 Ribu ASN Serentak Kerja Bakti Bersihkan Kota

Berita Terbaru

Kepala BRI Unit Pucuk, Mochamad Afnan Zainuri, saat menyerahkan bantuan program Klasterkuhidupku

Ekonomi

BRI Dorong UMKM Lamongan Maju Lewat Klasterkuhidupku

Sabtu, 5 Okt 2024 - 10:51 WIB