JAKARTA, RadarBangsa.co.id – Sebagai bentuk dukungan terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), JNE berkolaborasi dengan platform e-commerce Shopee dalam menyelenggarakan acara “Gollaborasi” yang bertema “UMKM Creative Movement”. Acara ini diadakan di Aroem Jakarta pada tanggal 22 Agustus dan dihadiri oleh 100 UMKM dari Jakarta. Kegiatan ini menekankan pentingnya kreativitas bagi para pelaku UMKM dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat di era digital.
Sejak tahun 2017, program “Gollaborasi” dari JNE telah konsisten memberikan dukungan nyata dalam memberdayakan UMKM di Indonesia. Melalui berbagai program edukasi yang menyeluruh, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan pelaku UMKM tentang strategi penjualan di era digital, sehingga mereka dapat meningkatkan daya saing dan memperluas pasar.
Sebagai perusahaan logistik nasional yang telah berdiri lebih dari 33 tahun, JNE terus mendukung kolaborasi positif dan kerja sama dengan berbagai mitra, khususnya dalam mendukung dan memberikan layanan bagi perkembangan UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Dalam era digital yang serba cepat, setiap pelaku usaha harus dapat melihat peluang dan tantangan yang ada. Persaingan yang semakin ketat menuntut pelaku bisnis untuk memiliki strategi yang tepat agar tetap relevan dan unggul.
Acara ini dihadiri oleh 100 peserta, yang sebagian besar merupakan penjual UMKM di Shopee. Eri Palgunadi, SVP – Marketing Group Head JNE, menjelaskan bahwa event “Gollaborasi” kali ini bekerja sama dengan Shopee. “Kolaborasi antara JNE dan Shopee telah menciptakan peluang besar bagi UMKM untuk tumbuh dan berkembang. Dengan memanfaatkan sinergi antara keduanya, UMKM dapat meningkatkan penjualan, memperluas jangkauan pasar, dan memperkuat posisinya di pasar yang semakin kompetitif,” jelasnya.
JNE, sebagai mitra logistik yang telah bekerja sama dengan Shopee sejak tahun 2016, melihat bahwa kerja sama ini memiliki dampak positif bagi UMKM. Permintaan layanan logistik terus meningkat, terutama dengan bertambahnya pelaku UMKM yang menggunakan Shopee sebagai platform e-commerce untuk berjualan online. JNE optimis dapat terus memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan secara konsisten. “Ke depan, kami berharap kerja sama ini dapat terus berkembang, dan JNE berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik serta meningkatkan inovasi guna mendukung pengembangan bisnis dan kemajuan UMKM Indonesia,” tambah Eri.
Daniel Minardi, Director of Business Partnership Shopee Indonesia, menyambut baik kerja sama dengan JNE. “Kerja sama Shopee dengan JNE yang sudah berlangsung selama 8 tahun adalah bentuk komitmen kami untuk terus membangun ekosistem belanja yang handal, tidak hanya sebagai penghubung antara Penjual dengan Pembeli di seluruh Indonesia, tetapi juga dalam mendukung pertumbuhan UMKM melalui akses digitalisasi. JNE Gollaborasi ini menjadi momen untuk berbagi pengetahuan tentang pengembangan bisnis digital, agar UMKM bisa naik kelas dengan strategi kreatif yang dapat dimanfaatkan melalui platform e-commerce. Shopee berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik bagi pelanggan di seluruh kota di Indonesia, yang juga didukung oleh layanan logistik yang andal dari JNE,” ungkap Daniel.
Para pelaku UMKM yang hadir dalam acara ini memperoleh banyak wawasan, mulai dari pemahaman lebih mendalam tentang tren pasar hingga solusi praktis untuk mengatasi berbagai tantangan dalam menjalankan bisnis online.
Kho Jonathan, yang dikenal sebagai Om Botak, adalah Seller Mentor Shopee yang turut memberikan edukasi tentang strategi penjualan di era digital. Ia juga berbagi tips dan trik untuk menjadi UMKM yang sukses di Shopee. “Menurut saya, acara ini adalah kesempatan luar biasa bagi para UMKM untuk belajar dan berkembang. Apalagi tadi semua seller benar-benar memperhatikan saat membahas karakteristik pelanggan. Mengenali tipe pembeli adalah kunci untuk meningkatkan penjualan dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan. Saya berharap dengan berbagi pengalaman mengenai cara memahami perilaku pelanggan, kita bisa mengubah tantangan menjadi peluang sukses,” jelas Om Botak.
Setelah sukses di Jakarta, acara ini juga akan digelar di Kota Bandung untuk terus mendorong kreativitas dan daya saing UMKM di era digital.