Lima Prospek Kerja Lulusan Ilmu Perpustakaan Menantimu

PALEMBANG, RadarBangsa.co.id – Adakala nya terdengar asing bila menyebut jurusan ilmu perpustakaan, saya selalu mendapat pertanyaan apa itu jurusan ilmu perpustakaan? Emang nya ada ya jurusan ilmu perpustakaan? Terus nanti kalau udah lulus kerjanya jaga perpustakaan doang kan? Bahkan yang lebih parahnya lagi apabila kamu dapat pertanyaan kenapa kamu kuliah ambil jurusan ilmu perpustakaan kayak nggak ada jurusan lain aja, pilih jurusan kok aneh?

“Kalian salah besar, kuliah jurusan ilmu perpustakaan ternyata sangat mengasyikan dan bukan hanya sekedar jagain buku doang, belajar dikelilingi rak buku, gak gitu juga! kami mahasiswa biasa yang belajar nggak melulu di depan buku saja karena ditambah dengan kenyataan bahwa kita berada di era tekonologi informasi, justru kami lebih sering berkutat dengan teknologi.

Bacaan Lainnya

Sebenarnya Prodi Ilmu perpustakaan itu apa sih? Prodi ilmu perpustakaan adalah salah-satunya program studi yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan akan tenaga kerja profesional dalam bidang pengelolahan perpustakaan yang menjadikan perpustakaan sebagai objek kajiannya, mulai dari teknisi perpustakaan, manajemen perpustakaan, bahkan aplikasi teknologi informasi di perpustakaan untuk menyebarluaskan informasi yang optimal.

Tujuan nya ialah dari prodi ilmu perpustakaan ini menghasilkan lulusan berkemampuan menganalisis fenomena bidang ilmu perpustakaan dan informasi dengan mendalam dan mampu mengelolah serta memperservasi informasi secara profesional dan bertanggung jawab, untuk mendukung terwujudnya masyarakat berbasis informasi dan pengetahuan.

Adapun prospek kerja bagi lulusan ilmu perpustakaan yaitu sebagai berikut ;

1. Pustakawan, Jangan membayangkan pustakawan disini adalah sosok yang berkacamata yang siap mengusir para pengunjung perpustakaan yang berisik, pustakawan pada perpustakaan modern bisa membuat berbagai macam acara diluar perpustakaan kok, seperti taman baca atau gerakan literasi informasi. jadi masih banyak kegiatan yang ada di lingkungan program studi ini selain yang ada di dalam ruangan saja.

2. Perpustakaan Instansi Pemerintah dan Instansi Swasta, Perpustakaan instansi Pemerintah adalah suatu perpustakaan yang didirikan dan dibiayai oleh pemerintah, contoh perpustakaan Instansi Pemerintah adalah PNRI (Perpustakaan Nasional RI) dan Perpustakaan Umun. Pada tahun 2018, PNRI membuka 331 formasi untuk PNS. untuk menjadi pustakawan di Instansi Pemerintah, kalian diwajibkan mengikuti CPNS. tidak hanya di instansi pemerintah, lulusan ilmu perpustakaan juga dapat bekerja di instansi swasta, seperti perpustakaan di suatu perusahaan, pertelevisian, penerbitan, hukum.

3. Arsiparis, Semua perusahaan memiliki dokumen atau arsip penting yang harus dikelola. Pengelolaan dokumen atau arsip bertujuan agar perusahaan dapat dengan mudah menemukan informasi atau yang dikenal dengan information retrieval.

4. Administrasi, Tugas seorang administrasi di antaranya adalah entri data dan arsip data suatu perusahaan sangat pas untuk mengisi posisi ini. Alasan perusahaan membutuhkan lulusan ilmu perpustakaan pada bagian administrasi kerena lulusan ini sangat ahli dalam mengelolah suatu data dan menyampaikan suatu informasi baik lisan maupun tertulis.

5.Sekretaris Redaksi Penerbit, Selain menjadi pustakawan pekerjaan bagi lulusan ilmu perpustakaan yang sangat cocok bagi kamu pengemar buku yaitu menjadi sekretaris redaksi penerbitan. Pada dasarnya, tugas seorang sekred yaitu mengelola surat yang masuk, mengurus surat pembayaran royalti penulis dan lain-lainnya.

Naaah, itulah beberapa dari kelima informasi yang bisa diberikan terkait untuk lulusan ilmu perpustakaan. Barang kali bisa dijadikan bahan pertimbangan kalian yang tertarik dengan jurusan ini? kita masuk kuliah itu untuk belajar, mengembangkan keterampilan kita sesuai minat dan bukan untuk keren-kerenan. setuju ??

Dari ; Mithra Septia Yusmaida, Mahasiswi UIN Raden Fatah Palembang.

Editing : Kang Mus

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.