PALEMBANG, RadarBangsa.co.id – Kehadiran fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) menjadi salah satu faktor krusial dalam kelancaran arus mudik Lebaran tahun ini bagi pemudik yang menggunakan kendaraan listrik.
Kemudahan ini dirasakan secara langsung oleh Fahmi yang tengah melakukan pengisian di Rest Area 234 A Kabupaten Mesuji, Lampung, dalam perjalanan mudiknya dengan kendaraan listrik dari Jakarta menuju Sumatera Selatan.
Baginya, tersedianya fasilitas SPKLU di setiap rest area sangat membantu masyarakat. Terlebih lagi, pelayanan sigap dari petugas PLN dalam membantu kebutuhan masyarakat saat akan mengisi ulang kendaraan listrik.
“Fasilitas SPKLU sangat membantu dan petugas PLN sangat sigap dalam mendukung proses pengisian kendaraan listrik,” ujar Fahmi.
Pengalaman mudik yang nyaman dan aman dengan kendaraan listrik juga dirasakan oleh Irfansyah yang sedang mudik bersama keluarganya dari Jakarta menuju Bengkulu.
Ketersediaan fasilitas SPKLU yang memadai sangat membantu Irfansyah dalam perjalanannya kali ini. Sebelumnya, Irfansyah menggunakan fasilitas pengisian baterai di salah satu rest area di Lampung. Kemudian, ia melanjutkan perjalanan dengan mengisi daya kendaraan listrik di Kota Palembang dan kembali mengisi daya di SPKLU Muara Enim.
“Pake aplikasi PLN Mobile sangat membantu, saya bisa tahu SPKLU mana saja yang tersedia di sepanjang jalur yang akan dilalui”, ungkap Irfansyah.
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN mendukung penuh kelancaran arus mudik pada tahun ini dengan menyediakan fasilitas SPKLU di setiap titik rest area ruas tol jalur mudik.
PLN telah memetakan sebaran SPKLU secara nasional, termasuk jalur tol Trans Sumatra. Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan perseroan terhadap tingginya animo masyarakat menggunakan kendaraan listrik, khususnya pada momen Idul Fitri 1445 Hijriah.
“Animo masyarakat untuk mudik dengan kendaraan listrik semakin meningkat setiap tahunnya. PLN pun senantiasa memastikan kenyamanan dan keamanan masyarakat yang mudik dengan kendaraan listrik,” kata Darmawan.
Pengguna kendaraan listrik sekarang tidak perlu ragu lagi, karena PLN juga sudah menyiapkan manajemen perjalanan mobil listrik dengan fitur Trip Planner yang telah tersedia di aplikasi PLN Mobile.
“Lewat menu Trip Planner, pemudik bisa mengatur titik berangkat dan titik tujuan. Secara otomatis, PLN Mobile akan memberikan rekomendasi titik-titik SPKLU yang dilalui pada rute tersebut,” jelas Darmawan.
Selain itu PLN juga menambahkan fitur tombol pop up hotline SPKLU pada aplikasi PLN Mobile yang akan langsung menghubungkan pelanggan pada nomor whatsapp customer service SPKLU. Hotline juga dapat diakses melalui Contact Center PLN 123 dan nomor whatsapp 08-777-11-12-123.
General Manager Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu Adhi Herlambang juga menambahkan komitmen PLN dalam memastikan kenyamanan dan kelancaran operasional SPKLU bagi pemudik yang melintas di jalur Sumatra.
“Kami menyiagakan personel selama 24 jam untuk membantu para pengguna kendaraan listrik yang ingin melakukan pengisian daya pada masa libur Hari Raya Idul Fitri. Selain itu pemudik dapat beristirahat dengan nyaman di posko mudik yang dilengkapi berbagai fasilitas sambil mengisi daya kendaraan listriknya,” pungkas Adhi.