Selama 10 Bulan Polsek Pasirian Berhasil Ungkap 13 Kasus dan 16 Pelaku

Kapolsek Pasirian, AKP. Agus Sugiharto, S.H., M.H ketika ditemui di Ruang kerjanya. (ist)

LUMAJANG, RadarBangsa.co.id – Selama 10 bulan Polsek Pasirian Polres Lumajang berhasil mengungkap 13 kasus dengan 16 terduga Tersangka. Terhitung dari bulan Januari hingga November 2022.

Hal ini disampaikan Kapolsek Pasirian Polres Lumajang, AKP. Agus Sugiharto, S.H., M.H ketika ditemui Radarbangsa.co.id diruangkerjanya, Selasa (1/11).

Bacaan Lainnya

Agus menyatakan, dari 13 kasus tersebut, diantaranya kasus curat 3, kasus curanmor 2, kasus curas 1, kasus penganiyaan 3, kasus pengeroyokan 1, kasus ilegal logging 2, dan kasus penemuan bayi 1.

“Dari 13 kasus itu, kita berhasil menangkap 16 terduga tersangka”, ungkap perwira polisi berpangkat tiga balok dipundaknya ini.

Keberhasilan dari beberapa ungkap kasus tersebut, kata Agus, ada konsepnya. “Ya, konsepnya lapor cepat, temu cepat dan ungkap. Itu yang kita lakukan selama di Polsek Pasirian”, katanya.

Perwira polisi berbadan tegap ini menyampaikan, dalam 13 ungkap kasus, yang paling cepat terungkap adalah kasus pasal 170 KUHP yang mengakibatkan luka bacok pada korban. “3 pelaku berhasil kita tangkap dalam waktu 5 jam”, ungkapnya.

Dikatakannya, bahwa nomor ponselnya aktif selama 24 jam, dan ada grup WhatsApp di wilayah hukumnya.

“Kita disini siap dihubungi oleh siapa saja yang melakukan pengaduan atau laporan, baik yang sifatnya urgent atau laporan biasa. Jadi ketika ada kejadian yang mengakibatkan ada korban, bisa cepat laporan ke Polsek Pasirian atau langsung ke saya sendiri”, katanya.

Kepada seluruh masyarakat, khusunya kecamatan Pasirian, Agus mengimbau, agar untuk selalu bersama sama memerangi kejahatan, karena kejahatan ini terjadi karena adanya niat dan kesempatan. Jadi, kalau bisa masyarakat bersama sama menjaga wilayah serta bahu membahu menjaga keamanan dan jadi polisi untuk dirinya sendiri. “Ketika ada kejadian yang terjadi segeralah melapor, agar kita bisa secepatnya melakukan penyelidikan, dan agar bisa secepatnya kita ungkap”, tegasnya.

Dan kepada para pelaku kejahatan, Agus juga mengimbau, agar segera mengurungkan niatnya. “Urungkan niatnya untuk melakukan kejahatan di wilayah hukum Polsek Pasirian. Karena kami sebagai pelayan, pelindung dan penegak hukum tidak akan segan segan melakukan tindakan represif atau penindakan. Siapapun pelakunya akan kami tindak secara hukum dan tegas”, tegas Perwira polisi yang berkulit hitam manis ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *