Bulog Subdivre III Cabang Bojonegoro Serap Gabah dan Beras Petani Lamongan

  • Whatsapp
Bulog Cabang Bojonegoro Serap Gabah dan Beras Petani di Jl. Raya Babat - Jombang Karang Asem, Podang, Karangkembang, Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan [IST]

LAMONGAN, RadarBangsa.co.id – Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divisi Regional (Subdivre) III cabang Bojonegoro, Jawa Timur di musim panen ini terus melakukan penyerapan gabah dan beras para petani. Untuk penyerapan gabah ini Bulog cabang Bojonegoro menurunkan petugas ke sejumlah lokasi panen di wilayah setempat, tidak semua kualitas gabah bisa kami serap, memang diprioritaskan Gabah Kering Giling (GKG).

“Kami mulai melakukan pembelian gabah dan beras petani di sejumlah lokasi, karena sudah ada beberapa petani yang panen, namun saat ini masih belum merata panennya dan belum panen raya,” kata Waka Perum Bulog Sub Divre III cabang Bojonegoro, Hendra Kurniawan saat berada di gudang Bulog kecamatan Babat, kabupaten Lamongan, Jum’at (12/03/2021).

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut kembali ditegaskan oleh Hendra, “Untuk saat ini sudah ada realisasi penyerapan beras yang sudah masuk di gudang Bulog. Beras yang masuk ke gudang Bulog sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan kualitas dan dinyatakan memenuhi syarat.

Menurutnya, “Adapun komponen uji kualitasnya kata Hendra sebagai berikut, Kadar Air maksimal 14%, Derajat Sosok minimal 95%, Butir Patah maksimal 20%, Butir Menit maksimal 2%, Kadar PH minimal 6,2℅.

Selain itu, harus bebas hama/penyakit, bebas bau busuk/asing, bebas bahan kimia, dan bebas dedak/katul. Saat ini Bulog membeli beras tersebut dengan harga Rp.8.300/kg,” tegasnya.

Ditambahkan, “Untuk mengoptimalkan penyerapan, kami telah menjalin komunikasi dengan seluruh Mitra Kerja Bulog di awal musim panen dan menggerakkan Satker Bulog untuk terjun langsung ke penggilingan – penggilingan yang ada wilayah kerja Bulog Cabang Bojonegoro.

“Untuk memenuhi target itu, Bulog Sub Divisi Regional (Subdivre) III cabang Bojonegoro yang ada di Jl. Raya Babat – Jombang Karang Asem, Podang, Karangkembang, Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan, Jawa Timur ini siap membuka seluas-luasnya untuk menyerap gabah dan beras petani sesuai dengan harga pokok pembelian pemerintah (HPP),” pungkas Waka Perum BULOG Sub Divre III cabang Bojonegoro, Hendra Kurniawan.

(Pras/Iful/Edi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *