Dongkrak Hasil Pertanian, Mas Pipin NasDem Blusukan ke Sawah

Mas Pipin (berbaju batik) terjun langsung ke lokasi padat karya pembangunan irigasi di Dusun Krajan Kidul

KEDIRI, RadarBangsa.co.id – Kepedulian kepada seluruh elemen masyarakat dari Anggota Fraksi NasDem DPRD Kabupaten Kediri, Khusnul Arif, S.Sos, memang tidak perlu diragukan lagi. Terbukti hampir setiap hari anggota dewan yang akrab disapa Mas Pipin ini selalu blusukan di desa-desa, bukan hanya di dapilnya saja, tetapi hampir seluruh wilayah Kabupaten Kediri.

Seperti halnya yang dilakukan, Jum’at, 10 Juni 2022, Mas Pipin bersama Kepala Desa Wonojoyo, Dwi May Susanto dan perangkat desanya, tampak hadir di tengah-tengah warga yang sedang mengerjakan pembangunan saluran irigasi di Dusun Krajan Kidul.

Bacaan Lainnya
Mas Pipin (berbaju batik) bersama warga di lokasi padat karya pembangunan irigasi di Dusun Krajan Kidul

Anggota Fraksi NasDem DPRD Kabupaten Kediri, Khusnul Arif, S.Sos, kepada wartawan mengatakan, pembangunan saluran irigasi tersebut merupakan hasil dari Program Pokir (Pokok-Pokok Pikiran) DPRD Kabupaten Kediri Tahun Anggaran (TA) 2022.

“Dalam Pasal 78 ayat (2) dan (3) Permendagri Nomor 86 Tahun 2017, bahwa dalam penyusunan RKPD Awal, DPRD memberikan ancangan dan pendapat berupa Pokok-Pokok Pikiran DPRD berdasarkan hasil reses/penjaringan aspirasi masyarakat sebagai masukan dalam perumusan kegiatan, lokasi kegiatan dan kelompok sasaran yang selaras dengan sasaran pembangunan yang telah ditetapkan dalam RPJMD,” katanya.

Anggota dewan yang akrab disapa Mas Pipin ini juga menjelaskan, target pengerjaan pembangunan saluran irigasi di Dusun Krajan Kidul tersebut berlangsung selama 15 hari, dengan volume sekitar, panjang 100 meter, lebar 1,30 meter dan kedalamannya 80 cm.

“Saya berharap realisasi program pokir ini dapat meneruskan dan menyambung saluran irigasi yang sudah ada, guna sistem atau tata kelola yang semakin baik pada pengairan pertanian, di lokasi kegiatan maupun sekitarnya,” terangnya.

Warga Desa Wonojoyo antusias melaksanakan padat karya pembangunan irigasi di Dusun Krajan Kidul

Menurut Mas Pipin, untuk pekerja pembangunan saluran irigasi di Dusun Krajan Kidul tersebut dilakukan secara padat karya, atau pekerjanya berasal dari masyarakat setempat. Sehingga setiap hari bisa memperkerjakan banyak warga.

“Padat karya ini dalam satu hari bisa mencapai sekitar 77 orang pekerja. Sehingga diharapkan dapat menambah pendapatan masyarakat serta mendongkrak kualitas produksi pertanian di Desa Wonojoyo, di antaranya padi, jagung, lombok dan lainnya,” ujar Mas Pipin.

Selamatan dimulainya Pokir pembangunan irigasi di Dusun Krajan Kidul

Sementara itu, Kepala Desa Wonojoyo, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, Dwi May Susanto, mengucapkan terima kasih atas direalisasikannya Pokir untuk pembangunan irigasi pertanian di desanya oleh Anggota Fraksi NasDem DPRD Kabupaten Kediri, Khusnul Arif, S.Sos.

“Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi warga Wonojoyo, khususnya para petani di desa setempat. Yang kedua, untuk pemulihan ekonomi kita melaksanakan padat karya tunai yang diberi kerjakan banyak orang, pada hari ini ada jumlah 77 orang baik laki-laki maupun perempuan kita libatkan untuk pemulihan ekonomi terdampak Covid-19,” ucapnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.