Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus ‘FORKAS’ Massa Bhakti 2022-2024, Ini Harapan Gubernur Jatim

Pelantikan dan pengukuhan Pengurus FORKAS Massa Bhakti 2022-2024 bersama Gubenur Jawa Timur Hj Khofifah Indar Parawangsa di Gedung Nagara Grahadi Jln Gubenur Suryo Surabaya. Minggu, (17/4) (IST)

SIDOARJO, RadarBangsa.co.id – Pelantikan dan pengukuhan Pengurus Forum komunikasi Pengusaha (FORKAS) Massa Bhakti 2022-2024 bersama Gubenur Jawa Timur Hj Khofifah Indar Parawangsa di Gedung Nagara Grahadi Jln Gubenur Suryo Surabaya. Minggu, (17/4).

Ada sekitar 33 Pengurus FORKAS (Forum Komunikasi Pengusaha) yang dilantik. Pelantikan yang dilakukan oleh Gubenur Jawa Timur Hj Khofifah Indar Parawansa Pada Minggu Siang .

Bacaan Lainnya

Dalam sambutanya Gubenur Jawa Timur Hj Indar Parawangsa menyatakan Semoga FORKAS (Forum Komunikasi Pengusaha) ini bisa bersinergi dengan pemerintah pusat dalam menjalankan UMKM dan pertumbuhan Ekonomi.

Pada kesempatan itu Muhamad Turino Junaedy Ketua Umum Forkas menyampaikan beberapa hal kepada Gubernur Khofifah.

Forum Komunikasi Pengusaha lahir dari aspirasi pengusaha di Jawa Timur yang tergabung dalam lebih 50 asosiasi pengusaha yang bergerak di berbagai bidang usaha. FORKAS dibentuk pada 9 Januari 2015.

Dengan tujuan mendukung Pemerintah meningkatkan pertumbuhan ekonomi berdaya saing, investasi, cipta kerja dalam mesejahteraan masyarakat, tumbuh kembang melalui provinsi Jawa Timur yang kondusif dan ramah investasi. Dari Jawa Timur untuk Indonesia.

Sebagai wadah dan jembatan komunikasi antara pengusaha dengan pemerintah, Forkas sekarang terdiri dari lebih 50 asosiasi, tersebar di beberapa wilayah selain Jawa Timur. Bisa dikatakan anggota FORKAS ada di seluruh Indonesia.

Pengusaha-pengusaha yang ada dalam FORKAS diantaranya bergerak di bidang :
1. Industri Besi dan Baja
2. Industri Tekstil
3. industri Alas Kaki
4. Industri Farmasi dan Kesehatan
5. Keuangan, Bank dan Asuransi
6. Industri Perikanan dan Pemasaran Produk Perikanan
7. Real Estat, Konstruksi, Interior Desain, Mebel
8. Pusat Perbelanjaan
9. Industri Kertas dan Produk Olahannya
10. Industri Plastik dan Daur Ulang Plastik
11. Industri Kopi dan Ekspor
12. Pengolahan Kayu& Mebel
13. Pengusaha Makanandan Minuman
14. Kafe, Hotel, Restoran, Pariwisata
15. Logistik, Perkapalan, Angkutan
16. Pertanian dan Hortikultura
17. Usaha Mikro-Kecil dan Menengah (UMKM)
18. Koperasi Pedagang Pasar Turi
19. Pedagang kaki LimaDll

Forkas juga memiliki anggota asosiasi yang jumlah anggotanya terbanyak. Ikatan Pemulung Indonesia (IPI), dengan anggota hampir 4 Juta orang jumlah ini akan menjadi lebih besar kalau dihitung termasuk anggota keluarga masing-masing. Itu bisa dikatakan setara dengan penduduk sebuah kota besar.

“Tidak kita pungkiri dampak pandemi Covid-19 melanda berbagai lapisan kegiatan usaha dan masyarakat di seluruh dunia, Jawa Timur yang harus kita hadapi bersama-sama. Pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat.

Tantangan dan dinamika keadaansaat ini yang harus diselesaikan bersama dengan pemerintah adalah Daya saing :

Regulasi, perijinan, Pungutan,Sumber Daya Manusia, tehnologie, produksi Akan sangatlah berat bagi pengusaha bisa melakukannya sendiri.

Untuk itu FORKAS dengan beranggotakan berbagai bidang Asosiasi Bidang usaha menjadi salah satu solusi atas permaslahan yang ada dengan sinergi antar bidang usaha dan sinergi dengan Pemerintah, memiliki potensi yang besar dalam mengerakkan Perekonomian yang berdaya saing

Di era modern serba digital ini, kolaborasi merupakan kata kunci yang sangat punya pengaruh di kehidupan kita sekarang. Kiranya FORKAS siap ber-KOLABORASI bersama-sama Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk mencapai cita-cita kesejahteraan masyarakat, melalui iklim usaha dan investasi yang kondusif dan sehat. Baik itu dalam penyusunan regulasi berupa masukan dan diskusi, dan relasi komunikasi yang harmonis lainnya.

Mewakili pengurus, kami juga berharap Ibu Khofifah selaku Gubernur Jawa Timur memberi arahan dan dukungan bersama-sama mewujudkan Optimis Jatim Bangkit, yang CETTAR – Cepat – Efektif – Efisien – Tanggap – Transparan – Akuntabel – Responsif.

Sekaligus melaksanakan Nawa Bhakti Satya : Jatim Sejahtera, Jatim Kerja, Jatim Cerdas dan Sehat, Jatim Akses, Jatim Berkah, Jatim Agro, Jatim Berdaya, Jatim Amanah, dan Jatim Harmoni. Kerja Bersama Untuk Jatim Sejahtera.

Kami juga ucapkan terima kasih kepada Ibu Gubernur Jawa Timur – Ibu Hajjah Khofifah Indar Parawansa memberikan perhatian pada berbagai kegiatan FORKAS selama ini. Sungguh menjadi kebanggaan buat kami, bersama Ibu Gubernur yang membanggakan.

Sekali terima kasih kami ucapkan kepada ibu Hajjah Khofifah Indar Parawansa – Gubernur Jawa Timur.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.