Pringati Hari Jantung Se Dunia, RSUD Bangil Gelar Senam Bersama

PASURUAN, RadarBangsa.co.id – RSUD Bangil memperingati Hari Jantung Se Dunia, gelar senam bersama Se Indonesia secara online oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI), bertempat di halaman Gedung Managemen RSUD Bangil, Kabupaten Pasuruan, Minggu (02/10/22).

Peringatan hari jantung Se Dunia, bertema “Use Heart for Every Heart”, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran di seluruh dunia, mencegah dan mengelola penyakit penyakit kardiovaskular.

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang dikuti sekitar 200 peserta dari komunitas penderita jantung binaan RSUD Bangil, Civitas Hospitalia RSUD Bangil yang diikuti dokter, perawat, bidan dan tenaga kesehatan dan peserta lain yang ingin ikut berpartisipasi.

Dokter RSUD Bangil dr. David R. Sp.JP, mengatakan, untuk penyakit jantung masih menjadi penyebab utama kematian di Indonesia.

“Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 dan 2018 menunjukan tren peningkatan penyakit jantung yakni 0,5% pada tahun 2013 menjadi 1,5% pada 2018. Pengobatan penyakit jantung juga tidaklah murah”. bahkan penyakit jantung ini menjadi beban biaya terbesar,” ujarnya.

Menurut dr David, berdasarkan data BPJS Kesehatan, “pada tahun 2021 pembiayaan kesehatan terbesar adalah untuk penyakit jantung yakni sebesar Rp7,7 triliun,” jelasnya.

Direktur RSUD Bangil dr. Arma Roosalina, M. Kes, melalui Subko Humas RSUD, menyampaikan bahwa tepat pada tanggal 29 September ini diperingati sebagai Hari Jantung Sedunia.

“kegiatan serempaknya dilaksanakan pada tanggal 02 Oktober 2022 “Diperingatinya Hari Jantung Sedunia ini merupakan salah satu bentuk dan cara untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah,” ujarnya

Sambung Subko, bagi penderita penyakit jantung tetaplah harus bersemangat sehat, harus mampu hidup normal berdampingan dengan penyakitnya dengan selalu memperhatikan pola makan yang bergizi.

“Dengan rutin mengecek kesehatan secara teratur, berolahraga yang teratur, menjaga emosi (Kelola stress),”paparnya

Masih Subko, RSUD Bangil memiliki beberapa program unggulan dalam mengatasi kedarurat terkait penyakit jantung seperti BEST (Bangil Emergenci Servis Team), Sroke Holistick layanan yang mempermudah akses masyarakat wilayah Kabupaten Pasuruan untuk mendapatkan penanganan serangan stroke mendadak secara cepat.

“Dimulai dari pelayanan PraHospital penjemputan oleh tim BEST yang terkena stroke. Dilanjutkan penanganan di Rumah Sakit secara komprehensif dan kolaboratif beberapa multidisiplin ilmu. pemeriksaan untuk menegakkan diagnostik yang selanjutnya dilakukan terapi yang tepat dan masyarakat dapat mendapatkan layanan melalui aplikasi BEST,” tutupnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *