Peduli kesehatan, PMM 01 UMM bersama Pemuda Katar Tanam Tanaman Obat di Bangkalan

BANGKALAN, RadarBangsa.co.id – Menjaga kesehatan tubuh merupakan kewajiaban kita semua pada masa pandemi ini denganterus diiringi protokol kesehatan protokol kesehatan.

Pemerintah selalu mengintruksikan untukselalu menjaga jarak, pakai masker, mencuci tangan dengan sabun serta selalu menjaga imunitastubuh dengan mengonsumsi tanaman herbal yang ada atau sering kita sebut empon-empon.

Bacaan Lainnya

Oleh sebab itu, mahasiswa UMM yang tergabung dalam kelompok 01 PMM (Pengabdian Masyarakanoleh Mahasiswa) UMM Gelombang 6 melaksanakan penanaman Tanaman Obat keluarga (TOGA) di Desa Pacangan, Kecamatan Tragah, Kabupaten Bangkalan.

Mahasiswa UMM mengajak para pemudi karang taruna desa Pacangan ikut serta dalam kegiatanpenanaman TOGA tersebut. Koordinator kelompok Syifaul Ulum mengatakan bahwa kegiatanini merupakan bentuk edukasi mahasiswa kepada para pemuda desa guna memberikan informasimengenai kesehatan dengan memanfaatkan bahan alam yang tersedia di sekitar rumah dikala menjalani adaptasi kebiasaan baru dirumah saja.

Penanaman TOGA dilakukan di salah saturumah warga yaitu ibu Aisyah, beliau merupakan ketua PKK di Desa Pacangan. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Jum’at, 28 Agustus 2020.

Mahasiswa dibantu karang taruna menanam TOGA dan juga bunga didalam polybag. Adapuntanaman yang ada ialah Jahe Merah, Kunyit, Kunyit Putih, Serai, Jerut Lemon, Sirih, Gingseng,Cabai, Kelor, Brotowali, Pandan, Kemangi, Melati, dan Bunga tanpa daun.

Sebagian besartanaman tersebut sudah diketahui oleh banyak orang sebagai bumbu masakan dan juga sebagaijamu untuk meningkatkan imunitas tubuh dengan bahan tradisional.

Setelah proses penanamanmahasiswa memberikan informasi mengenai fungsi dan manfaat tanaman yang sudah ditanamantersebut kepada para pemuda karang taruna.

Selain itu mahasiswa memberikan penanda padasetiap tanaman dengan menuliskan nama tanaman, nama latin, dan juga manfaat tanamantersebut.

Hal tersebut guna mempermudah informasi khasiat tanaman yang sudah ditanaman,sehingga warga dapat mengetahui dengan sekali lihat saja.

Kegiatan Penanaman TOGA tersebut sangat didukung oleh ketua PKK Desa Pacangan, IbuAisyah,“saya sangat berterima kasih kepada para mbak-mbak mahasiswa UMM yang telah memberikan pengetahuan kepada kami semua mengenai tanaman-tanaman yang ada ini,insyaallah akan kami manfaatkan dengan baik.” Ujarnya.

Di akhir kegiatan penanaman serta edukasi manfaat tanaman, mahasiswa membuat jamu daribahan bahan dapur (empon-empon). Jamu tersebut ialah jamu sinom yang baik untuk kesehatan, terdiri dari daun asam, asam jawa, kungit, serai, serta gula jawa sebagai pemanis.

Harapanmahasiswa dari kegiatan bisa memberikan informasi untuk menanfaatkan apa yang ada di sekitarrumah kita untuk menjaga imunitas tubuh.

Pengabdian masyarakat oleh mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang merupakansuatu kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa UMM sebagai bentuk dharma pengabdian kepada Masyarakat.

PMM UMM kelompok 01 gelombang 6 yang beranggotakan Syifaul Ulum, Nilam Puji Lestari, Qutsiyatul Kamiliyah, Siti Aisyah Widya Rizka Ulul Fadilah.

Kegiatan tersebutdibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) LiviaWindiana, SP, M.Agr.

(Ari/LAN)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *