Wabup Gresik Hadir, Dusun KaliPadang Duwe Gawe

GRESIK, RadarBangsa.co.id – Adat dan tradisi yang masih kental dan dilakukan masyarakat yang ada belahan pedesaan di wilayah Benjeng adalah Sedekah Bumi/Bersih Desa atau bisa di istilahkan dengan Nyadran adalah sebuah kegiatan masyarakat yang di setiap tahunnya bertujuan Rasa syukur Kepada Allah SWT

Sementara, tradisi sedekah bumi kali ini dilakukan dan tetap dipertahankan oleh masyarakat yang ada di Dusun Kalipadang Kecamatan Benjeng Kabupaten Gersik pada Sabtu (26/10/2019). Dengan Motto nya “Guyub Rukun, Seduluran Selawase”. Dipaparkan oleh beberapa nara sumber dari panitia juga Tokoh masyarakat setempat Tradisi Sedekah bumi ini sudah menjadi agenda masyarakat Dusun Kalipadang.

Bacaan Lainnya

Pada Sabtu pagi tepatnya jam 10.00 Wib Berduyun duyun warga membawa Tumpeng ke tempat dimana panggung yang sudah disiapkan panitia adapun di hari jumat tanggal 25-10-2019 warga mengadakan kirab yang membawa arak arakan beberapa Ancak Tumpeng dan hasil bumi yang dipunggul beberapa orang, diiringi Genderang Tabuh serta di Iringi Musik menuju tempat tersebut Tradisi yang digelar setiap tahun ini merupakan wujud syukur warga setempat kepada Allah SWT atas segala limpahan rezeki dan kemakmuran.

Suasana guyub dan tentram tersaji dalam kegiatan Kenduri dalam rangka sedekah bumi. Acara makin Sakral ketika beberapa tokoh masyarakat, Dan Juga di Hadiri BWabub H. Moh Qosim, MSi, Camat Benjeng Arif Wicakson dan Kades Candra Prastyo Suwadi serta beberapa Perangkat Desa serta BPD.

Dalam sambutannya Kades Candra Prastyo Suwadi Gelaran acara kali ini ada peningkatan semangat,saya ucapkan terima kasih atas dukungan materiil, moral dari tokoh masyarakat dan semua warga Dusun Kalipadang serta tetap melestarikan acara seperti ini.

Sementara salah satu tokoh masyarakat setempat menyampaikan hal senada seperti Tradisi sedekah bumi merupakan budaya turun-temurun yang diwariskan warga sampai sekarang.

Inti dari tradisi itu adalah mengedepankan Gotong-royong di tengah kemajuan zaman,” paparnya senada. Acara akan berlanjut hingga pada malam hari tentunya akan hadir Undangan beberapa Tokoh Masyarakat BPD, LPMD, RT, RW  dengan Hiburan Wayang Kulit Ki Dalang Parto (St/Bhr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *